Laman

Minggu, 11 Juli 2010

Cara Pintar Belanja di Zaman Sulit


Hidup dizaman yang serba susah seperti saat ini membuat kita harus bisa jauh lebih jeli dalam menyikapi setiap rupiah yang kita miliki,bukan berarti kita harus menjadi pelit. Kenaikan berbagai macam kebutuhan pokok seharus nya menjadi loncatan awal bagi kita untuk menjadi pribadi yang jauh lebih kreatif dan cerdas dalam mengelola keuangan.Satu hal yang sangat sering dialami oleh ibu-ibu atau bahkan kaum adam yang sangat hobi belanja adalah belanja untuk kebutuhan yang tidak penting menjadi sangat banyak alias budget yang disediakan untuk kebutuhan belanja satu bulan menjadi tidak cukup hanya karena tergiur promo diskon atau merek barang yang terkadang belum terlalu dibutuhkan.
Dalam menghadapi itu,terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang sangat sering merasakan efek langsung kenaikan harga dan harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan keluarga bisa mempraktekan beberapa tips berikut dalam menyiapkan diri sebelum berbelanja ke pasar.
1.Siapkan daftar belanjaan dengan benar
Langkah praktis dan sangat mudah diingat ini menjadi langkah yang paling sering dilupakan dan dianggap remeh oleh sebahagian besar orang,karena adanya anggapan bahwa semua akan bisa diatasi ketika mulai berbelanja, tapi kenyataan nya itu merupakan hal yang paling sulit untuk dilaksanakan,karena disamping sifat lupa kita yang kadang kumat sehingga lupa mau belanja apa dan godaan diskon dan rayuan aneka barang yang terkadang belum kita butuhkan,Oleh karena itu dalam menyusun daftar belanjaan hal yang harus kita utamakan adalah membuat skala prioritas terhadap barang yang kita butuhkan dan sesuaikan dengan anggaran yang kita miliki.
2.Persiapkan diri sebelum berbelanja
Mempersiapkan diri sebelum berbelanja ternyata merupakan hal yang sangat penting dalam menekan pengeluaran anda dimasa sulit pada saat ini,seperti sebelum berbelanja ke pasar atau supermarket sebaik nya anda mengisi perut anda dengan cukup makan sehingga pengeluaran untuk makan diluar pada waktu belanja dapat dihindari dan anda dapat mempergunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain nya yang dirasa jauh lebih bermanfaat.
3.Bawa uang secukup nya
Jangan pernah membawa uang lebih ke pasar apalagi menjelang bulan puasa ini, godaan untuk memiliki barang baru dan mewah akan jauh lebih tinggi dibanding bulan biasa lain nya.Oleh sebab itu dalam menyusun daftar belanjaan, anda telah mempertimbangkan kemungkinan kenaikan harga atau langka nya barang dipasaran sehingga menuntut anda mengeluarkan ongkos lebih untuk mendapatkan nya . Sebagai tambahan,hindari membawa kartu kredit atau kartu ATM anda,karena dengan ada nya kartu tersebut ditangan anda, akan membuka kemungkinan untuk belanja kepada hal yang kurang bermanfaat.

4.Hindari untuk membawa banyak anggota keluarga ketika berbelanja.
Banyak nya anggota keluarga yang anda bawa ketika berbelanja akan sangat mempengaruhi pengeluaran anda untuk barang-barang yang belum bermanfaat pada saat ini. Sebagai contoh,ketika anda membawa si kecil berbelanja akan menambah pengeluaran anda untuk membeli mainan atau cemilan yang kebanyakan harga nya jauh lebih mahal jika disbanding dengan membuat nya sendiri dirumah.
Jadi dengan menghindari membawa banyak anggota keluarga pada saaat berbelanja akan sangat membantu anda dalam menekan pengeluaran anda untuk hal yang tidak diinginkan.
5.Cari tahu sebanyak nya lokasi belanja yang murah dengan kualita yang bagus
Mencari tahu dimana lokasi yang menyediakan kebutuhan anda dengan harga yang relatif terjangkau juga merupakan langkah cerdas dalam menyikapi mahal-mahal nya harga kebutuhan pokok yang tanpa diikuti dengan kenaikan gaji yang anda terima . Informasi tempat memperoleh barang yang murah berkualiatas bisa anda temukan dengan mencari tahu lewat tetangga yang doyan dengan barang murah atau mencari tahu lewat informasi dikoran dan internet.Satu hal lagi yang harus diingatkan,anda jangan sampai tergiur dengan berbagai promo barang murah,kecuali anda benar-benar yakin membutuhkan nya dan manfaat barang yang anda peroleh sebanding dengan uang yang anda keluarkan untuk itu.
6.Jangan larut dalam ‘kesenangan’ berbelanja
Mungkin ini hal yang sangat sulit untuk anda lakukan apabila anda sudah mulai hanyut dalam arus diskon dan promo yang diberikan oleh pusat perbelanjaan,pasang pengingat waktu bagi anda akan sangat membantu anda dalam mengentrol anda dalam berbelanja.Semakin lama waktu yang anda habiskan untuk berbelanja maka akan semakin banyak uang yang anda keluarkan untuk itu,kecuali anda memanga hanya berniat untuk memcuci mata saja tanpa ada tujuan lain nya.
Nah,itu sebahagian tips yang bisa anda pakai agar belanja anda jauh lebih optimal dan tepat pada sasaran yang anda inginkan,mungkin tips ini tidak berlaku bagi anda yang memiliki uang yang lebih dari cukup dan keiinginan belanja yang sangat tinggi .tapi tak ada salah nya bagi anda yang memiliki uang yang berlebih mau menyisihkan nya untuk pengembangan pendidikan orang yang kurang mampu dari pada anda harus menghamburkan nya untuk hal yang kurang penting.
 Hadi Gunawan

Tidak ada komentar: