Laman

Sabtu, 10 Juli 2010

Sekolah Lebih Asyik Dengan MOS

Tahun ajararan baru tentunya juga semangat baru,apalagi bagi kamu yang sebelum nya masih memakai celana merah sekarang udah memakai celana biru nya anak SMP atau kamu yang dulu nya memakai celana biru nya anak SMP sekarng sudah memakai celana abu-abu nya khas anak SMA.
Tentunya perasaan senang aka bercampur baur dalam hati,senang mungkin karena diterima disekolah yang kamu inginkan atau sedih nya karena H2C ( Harap-harap cemas) tentang MOS yang akan kamu lalui ( sudah kamu lalui),tapi hal yang paling utama harus kamu lakukan adalah mengubah mindset kamu tentang MOS itu sendiri,mulai dari senior yang akan kamu hadapi,tindakan bullying (kekerasan) yang mungkin kamu temui atau hal yang paling menjengkelkan yang akan kamu hadapi.
karena berdasarkan pengalaman yang penulis pernah alami dari berbagai tahapan MOS yang penulis rasakan mulai dari MOS di waktu SMP sampai dengan MOS di waktu SMA ternyata merupakan hal yang sangat menyenangkan dan mapu mengakrabkan antara penulis dengan berbagai senior penulis diwaktu sekolah dulu dan disamping itu juga akan menimbulkan rasa kepedulian kita terhadap teman yang lain dan tentunya bisa menambah banyak teman diawal masuk sekolah.

MOS Just for Fun

Bagi sebahagian kamu,Apalagi siswa setingkat SMP atau SMA negeri di Kota padang tentunya sudah merasakan bagaimana suka duka nya MOS itu sendiri. Bagaimana tidak,permintaan senior yang terkadang terbilang aneh bin gila harus kita penuhi dalam waktu satu hari dan sampai dengan dandan kesekolah laksana badut yang kehilangan penonton nya apalagi kalau sampai kelupaan membawa perlengkapan buat MOS bisa tambah gawat urusan nya dengan senior.
Momen Masa Orientasi Siswa (MOS) terkadang sudah menjadi acara lucu-lucuan bagi senior untuk bisa mendekati adik kelas nya ,dan semua itu dilakukan selama masih dalam kontrol dan kewajaran menjadi hal yang dapat dimaklumi,seperti senior yang terkadang meminta pena tinta putih atau coklat merek ‘ratu perak’,dan terkadang jadi momen buat senior untuk mendekati adek kelas yang cantik atau menarik simpati adek kelas dengan bersikap layak nya pahlawan.
Satu hal yang harus diingatkan dalam menghadapi MOS ,kamu harus ubah pikiran atau mindset kamu tentang MOS itu sendiri. Anggap saja MOS itu sebagai sarana buat kamu senang-senang dan begaya unik bin nyentrik yang tidak bisa kamu lakukan dimomen biasa lain nya. tentunya kamu juga bisa menambah teman dan kedekatan kamu dengan senior lain nya. Hal penting dalam MOS itu sendiri,kamu harus bisa menjaga sikap dengan senior dan mau diajak kerjasama dalam hal yang baik atau sesuai dengan koridor nya.

Jangan ada kekerasan …

Dalam acara seperti MOS atau sejenis nya ,tindakan kekerasan atau bullying memang sering kali timbul,hal tersebut terkadang ditimbulkan oleh budaya tidak baik yang dibudayakan oleh suatu sekolah atau karena salah paham antara junior dan senior yang tidak memiliki titik pemecahan sehingga berujung pada tindakan kekerasan dan tak jarang pemicu paling utama nya adalah sikap anak baru yang rada tengil dan tidak mau bekerjasama dalam mensukseskan MOS malahan ikut ambil bahagian dalam membikin keonaran.Tapi berlepas dari itu, hal yang harus kamu jaga agar tidak terkena imbas negatif kesewenang-wenangan senior adalah menjaga sikap dengan beliau,jangan sampai sikap kamu malah menimbulkan ketidaksukaan mereka. Karena seperi yang kita ketahui masa-masa SMA atau SMP adalah masa yang sangat labil sehingga tak jarang sedikit saja ‘gesekan’ akan sangat mudah memicu kekerasan.

MOS is the right time to start a Friendship.

Sekarang kamu sudah tahu bahkan sebahagian dari kamu sudah merasakan bagaimana asam-manis nya MOS.Mulai dari dikecengin oleh senior sampai dengan dikerjain habis-habisan oleh senior.Jengkel,senang atau bahkan sedih semua nya bercampur-aduk menjadi satu. Tapi itu bukanlah inti MOS yang sebenar nya.karena lewat MOS lah kamu akan mengenal siap saja senior kamu muali dari sikap dan sifat nya sampai dengan lingkungan sekolah yang akan menjadi lingkungan keseharian bagi kamu dan yang paling penting ,disaat MOS lah kamu bisa menjalin hubungan persahabatan dengan berbagai teman yang memiliki banyak karakter,dan juga disamping itu diwaktu MOS kamu bisa sedikit banyak nya mengetahui seperti apa karakter teman-teman kamu.

Jangan cuek merupakan kuci awal untuk memulai persahabatan dengan teman-teman baru,cukup awali dengan sebuah senyuman yang hangat dan jabatan tangan yang erat akan menjadi awal yang baik untuk persahabatan kamu.Tawarkanlah bantuan bagi teman mu jika dibutuhkan merupakan langkah jitu untuk mendekatkan hubungan kamu dengan teman baru. Hal yang harus kamu ingat adalah jangan pernah membeda-bedakan teman,baik membedakan nya berdasarkan latarbelakang ekonomi,keluarga,suku,agama,atau ras karena pertemanan akan jauh lebih jika dihiasi oleh berbagai macam perbedaan sebab perbedaan akan melengkapi semua kekurangan yang kita miliki.

Well,masa-masa MOS merupakan masa-masa yang paling indah yang akan kita kenang nanti nya setelah tamat SMP atau SMA jadi manfaatkanlah dengan baik semua momen-momen spesial yang akan atau telah kamu alami selama memgikuti masa orientasi and Have Fun

• Hadi Gunawan

Tidak ada komentar: